.

Minggu, 20 November 2011

Apa sih sebenarnya yang membedakan Kriten Protestan dengan Katholik?

KRISTEN PROTESTAN vs KRISTEN KATOLIK
Banyak orang bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang membedakan antara agama Kristen Protestan dengan Kristen Katolik? Padahal secara kasat mata agama Kristen Protestan dan Kristen Katolik itu sama-sama dilambangkan dengan tanda salib yang identik dengan Juru Slamat umat Kristiani yaitu Yesus Kristus.  Yupz, hal tersebut memang benar. Tapi kalau dilihat lebih jeli lagi, sebenarnya dari tanda salib itu sendiri sudah ditemukan perbedaan antara Kristen Protestan dengan Kristen katolik. Tanda salib dalam gereja Katolik diketahui bahwa Tuhan Yesus Kristus masih berada di atas kayu salib itu, namun tidak demikian dalam gereja Protestan. Selanjutnya disini akan dibahas sedikit tentang faktor-faktor yang membedakan antara agama Kristen Protestan dengan Kristen Katolik.  Berikut ini faktor-faktornya:
1.       Perbedaan Pokok yang Menjauhkan Gereja Protestan (Reformasi) dengan Gereja Katolik.
a.       Kedudukan Bunda Maria ditinggikan sedemikian rupa sehingga “sejajar” dengan Tuhan Yesus Kristus.
b.      Sebagai perantara Allah dengan manusia bukan hanya Tuhan Yesus Kristus, tetapi Santa atau Santo (orang-orang suci) dapat menjadi perantara.
c.       Kepala Gereja seolah-olah bukan Tuhan Yesus Kristus tetapi Paus yang tidak dapat salah bila mengumumkan ajaran gereja.
d.      Untuk memperoleh keselamatan bukan hanya iman tetapi ditambah dengan perbuatan baik.
e.       Penebusan, pengampunan dosa bukan hanya oleh Tuhan, tetapi dosa-dosa tertentu Pastor dapat memberikan pengampunan.
2.       Perbedaan Tambahan yang Membedakan Gereja Protestan (Reformasi) dengan Gereja Katolik.
a.       Sakramen
Dalam Gereja Protestan dikenal ada 2 sakramen yaitu Sakramen Baptis Kudus dan Perjamuan Kudus. Sedangkan dalam Gereja Katolik dikenal 7 sakramen yaitu Sakramen Baptis Suci, Peneguhan Iman (penguat), Pengakuan Dosa (Bich), Ekaristi (Perjamuan Kudus), Pengurapan Minyak Akhir, Imamat Kudus (Pengangkatan Pejabat Gerejawi), Pernikahan.
b.      Pemahaman Baptis
Menurut ajaran Katolik, Baptisan adalah syarat mutlak untuk keselamatan. Sedangkan menurut ajaran Protestan, Baptisan bukan syarat mutlak keselamatan. Karena menurut ajaran Prostetsan syarat mutlak keselamatan adalah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.
c.       Perjamuan Kudus
Menurut pandangan Gereja Katolik, mereka.  menekankan bahwa setelah Pastor/Romo memberkati roti dan anggur, maka roti dan anggur berubah 100% menjadi tubuh dan darah Kristus. Sedangkan menurut pandangan Gereja Protestan yang mengikuti pandangan Calvin (Scotlandia-Belanda), Calvin menekankan bahwa roti dan anggur itu tidak lebih dari lambing darah dan tubuh Tuhan Yesus Kristus.




Dari uraian-uraian di atas, tahukan kamu bahwa sebenarnya pada zaman sebelum reformasi Gereja Kristen dan Gereja Katolik merupakan satu kesatuan gereja yang utuh. Namun karena hal-hal yang telah disebutkan akhirnya pada tanggal 31 Oktober 1517, Martin Luther mengadakan reformasi sehingga gereja terpecah belah, sebagian dengan nama Katolik sebagian dengan nama Protestan.
Seperti yang telah diketahui bahwa ternyata banyak perbedaan yang ditemui antara agama Kristen Protestan dengan Kristen Katolik, hal-hal tersebut bukan menjadi penghalang untuk kita semua. Terlebih untuk anggota Rokha-Rokris SMAN 1 Muntilan, melalui perbedaan-perbedaan itulah kita dipersatukan oleh Tuhan kita Yesus Kristus karena kita semua sama-sama dibaptis dalam nama Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar